Kampung Anggur di Bantul Jadi Lokasi Budidaya Anggur Nusantara

Home / Berita / Kampung Anggur di Bantul Jadi Lokasi Budidaya Anggur Nusantara
Kampung Anggur di Bantul Jadi Lokasi Budidaya Anggur Nusantara Penyerahan bibit varietas anggur nusantara di kampung anggur (foto totok hidayat)

TIMESYOGYAKARTA, BANTULKampung Anggur di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul ditetapkan sebagai lokasi budidaya varietas anggur nusantara. Kepastian ini disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian RI, Hardiyanto.

Ditemui usai secara simbolis menyerahkan 100 benih lima varietas anggur unggulan, Kamis (16/1/2020) di pekarangan penggagas kampung anggur Rio Aditya, Hardiyanto berharap kampung anggur yang sudah banyak dikenal masyarakat dapat dapat menjadi salah satu lokasi untuk memperkenalkan keunggulan anggur nusantara. 

"Sebutan anggur nusantara lebih memiliki gengsi dibanding anggur lokal yang terkesan inferior," jelas Hardiyanto.

Lima benih varietas ini masing-masing Janetes SP1, Probolinggo Super, Prabu Bestari, Jaesrto ag60, dan Jaestro 86 yang masing-masing memiliki keunggulan dan kualitasnya tidak kalah dibanding anggur impor. Selain di kampung anggur plumbungan, varietas ini juga dibudidayakan di beberapa daerah di Indonesia. 

"Lebih fresh menjadi keunggulan utama anggur nusantara dibanding anggur impor yang lama disimpan di mesin pendingin".pungkas Hardiyanto.

Rio Aditya selaku penggagas kampung anggur mengaku bangga karena mendapat kepercayaan untuk membudidayakan varietas unggul anggur nusantara. Sehingga dapat melengkapi varietas satria taman sari yang sudah dibudidayakan sejak tahun 2014. Dengan varietas yang lebih beragam diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Menghadapi meningkatnya jumlah pengunjung pengelola juga akan menambah fasilitas. Seperti lahan parkir, peta penunjuk arah dan gapura masuk kampung anggur. Rio mengaku masih terdapat persiapan waktu sekitar 4 bulan sebelum Juni saat memasuki masa panen.  

"Puncak kunjungan terjadi Juni hingga Oktober, saat musim panen," ujar Rio mengenai Kampung Anggur yang berada di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com