RSUD Bantul Siapkan Tiga Ruang Isolasi untuk Pasien Virus Corona

Home / Berita / RSUD Bantul Siapkan Tiga Ruang Isolasi untuk Pasien Virus Corona
RSUD Bantul Siapkan Tiga Ruang Isolasi untuk Pasien Virus Corona Suasana jumpa pers membahas penyakit menular di bantul (foto: Humas Protokol)

TIMESYOGYAKARTA, YOGYAKARTA – Mengantisipasi wabah virus Corona, Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul (RSUD Bantul) telah menyiapkan tiga ruang isolasi.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Panembahan Senopati Bantul Agus Tri Widiantoro menyampaikan pernyataan ini pada jumpa pers Senin (27/1/2020) di ruang rapat Sekertaris Daerah Bantul.

Agus menjelaskan tiga ruang isolasi ini juga pernah digunakan untuk antisipasi pasien penyakit flu burung yang merebak beberapa waktu lalu.

Secara fungsi dan ketersediaan peralatan ruang isolasi ini memenuhi standar penanganan pasien serangan virus Corona. Menyusul gejala dan karakter penyakit yang hampir sama yakni menyerang sistim pernafasan. Dengan gejala awal demam tinggi dan sesak nafas. 

"Langkah ini hanya sebagai bentuk antisipasi, sebab semua pihak berharap tidak terdapat pasien kasus Corona," ujar pria yang akrab disapa Agus TW ini.

Ruang isolasi juga ditangani oleh tenaga medis yang sudah terlatih untuk menangani kasus pasien serangan flu burung. Untuk memastikan penanganan pasien dilakukan sesuai prosedur, ruang isolasi dipimpin oleh seorang dokter spesialis paru-paru. 

Berdasarkan hasil survilans oleh Dinas Kesehatan Bantul, sampai saat ini tidak ditemukan penyebaran virus Corona di Bantul. Untuk mengantisipasi masuknya virus Corona Dinas Kesehatan Bantul sudah menginstruksikan ke setiap Puskesmas dan Rumah Sakit untuk melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang beresiko membawa virus Corona. 

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharjo menjelaskan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Wisatawan dan masyarakat yang 14 hari terakhir pulang dari negara yang terjangkit, memiliki resiko tinggi membawa virus Corona.

Agus berharap masyarakat dengan kriteria tersebut dapat secara mandiri memeriksakan diri ke Puskesmas atau Rumah Sakit. "Pemeriksaan sejak dini dapat mencegah penyebaran virus Corona yang mematikan ini," pungkas mantan wakil direktur RSUD Bantul ini.  (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com