Ini Isi Museum dan Galeri Seni SBY-ANI

Home / Berita / Ini Isi Museum dan Galeri Seni SBY-ANI
Ini Isi Museum dan Galeri Seni SBY-ANI Susilo Bambang Yudhoyono saat memberikan sambutan pada acara ground breaking Museum dan Galeri Seni SBY ANI, Sabtu (22/2/2020). (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMESYOGYAKARTA, PACITAN – Bertepatan dengan Hari Jadi ke-275 Pacitan, Sabtu (22/2/2020) Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono memberi hadiah kota kelahirannya itu dengan memulai pembangunan Museum & Galeri Seni SBY - Ani

Museum dan galeri seni ini akan menjadi yang ketiga di Indonesia bagi seorang presiden yang membangun museum khusus tentang perjalanan hidupnya. Sebelumnya ada museum Bung Karno dan museum Soeharto.

Bersama arsitek muda lulusan Universitas Trisakti, SBY merancang bangunan dengan enam pilar di bagian fasadnya yang merupakan representasi presiden ke-6. Di atas bangunan terukir bunga Flamboyan, bunga kecintaan almarhum ibu Ani Yudhoyono yang berpadu apik dengan batik buah Pace yang merupakan buah khas Pacitan, Jawa Timur.

Digambarkan di dalam desain museum, pengunjung akan disuguhkan dengan mural yang melukisan masa kecil SBY. Pengunjung juga bakal merasakan manis getir SBY kecil di kamarnya yang sangat sederhana. Anak Pacitan penyuka tantangan ini kemudian digambarkan saat menjalani pendidikan di Akademi Militer Magelang. Lengkap dengan seragam dan berbagai penghargaan yang pernah diterima, termasuk penghargaan yang pernah diterima dari Presiden Soeharto.

Selanjutnya akan digambarkan juga bagaimana saat-saat SBY menjalani rangkaian pelatihan di luar negeri yang membuatnya menjadi prajurit internasional yang cakap. Sepulangnya dari luar negeri SBY ditugaskan untuk menjaga Timor-Timur. Replika gubuk komando dan kendaraan jeepnya juga akan dihadirkan di museum ini.

Berikutnya adalah bagian museum yang menceritakan tugas perdamaiannya Bosnia. Kala itu SBY ditunjuk untuk memimpin 650 perwira dari 29 negara. Cerita ini akan dikemas dengan tema musim salju, patung lilin SBY yang melangkah di atas salju bersama prajurit akan dibuat di sini.

Selanjutnya akan ada replika ruang kerja yang menjadi pertemuannya dengan tokoh-tokoh reformasi. Berikutnya pada Galeri Seni Ani Yudhoyono pengunjung akan diajak mengenal lebih jauh tentang almarhum Ani Yudhoyono. Dengan berbagai gagasan dan kiprahnya untuk negeri ini, seperti program Indonesia Hijau.  Di galeri ini juga akan dipamerkan hasil karya foto ibu Ani, yang memang mencintai fotografi.

Dan yang tak kalah penting adalah adanya SBY Library. Di perpustakaan ini sejumlah buku yg mempengaruhi SBY dan buku-buku yang ditulisnya akan melengkapi khazanah keilmuan Pacitan dan Indonesia. Selain itu akan dibangun juga ruangan khusus untuk SBY guna tempat beliau singgah saat berada di Pacitan. Jadi pengunjung bisa menyapa SBY nantinya jika sedang berkunjung ke Pacitan.

Yang tak boleh dilewatkan adalah puncak museum dome. Di puncak ini pengunjung dapat menikmati pesona keindahan alam Pacitan dalam pemandangan 360°. Di halaman belakang Museum & Galeri Seni SBY - Ani akan ada kafetaria, tempat para pengunjung beristirahat sambil merasakan pemandangan udara sejuk dan view pegunungan khas Pacitan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com