TNBTS Tegaskan Wisata Gunung Bromo Belum Dibuka

Home / Berita / TNBTS Tegaskan Wisata Gunung Bromo Belum Dibuka
TNBTS Tegaskan Wisata Gunung Bromo Belum Dibuka Kawasan wisata Bromo, di Probolinggo Jawa Timur, belum dibuka untuk aktifitas wisata. (FOTO: Dok/TI)
Fokus Berita

TIMESJOGJA, PROBOLINGGO – Jelang pelaksanaan kondisi normal baru, kawasan wisata Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur belum dibuka. Hal itu ditegaskan pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), menyusul banyaknya isu pembukaan kawasan wisata internasional itu, dalam waktu dekat.

Informasi yang dihimpun, beredar kabar burung soal pembukaan kawasan wisata Bromo, di kalangan biro perjalanan dan pelaku wisata. Namun, BB TNBTS melalui Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan, Sarif Hidayat menegaskan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan pengumuman terkait pembukaan wisata.

“Mengingat masih dalam situasi pandemi corona, mohon diabaikan, jika ada informasi pembukaan wisata Bromo Semeru, selain dari otoritas kami, BB TNBTS. Kami masih menunggu arahan, petunjuk dan kebijakan dari pusat,” kata Sarif, Rabu (3/6/2020).

Salah satu pelaku wisata Gunung Bromo, Choirul Umam menyebut, belakangan memang banyak tamu maupun biro perjalanan yang menanyakan perihal pembukaan wisata itu. “Tamu banyak yang tanya pada saya, apakah benar sudah dibuka. Mereka menyebut, tanggal 5 atau 10 Juni, sudah dibuka. Padahal dari TNBTS, belum ada pengumuman seperti itu,” ujarnya.

Sejauh ini, lelaki yang akrab disapa Umam ini menyebut, pihaknya juga menunggu keputusan resmi dari pengelola. “Kalau menurut kami, ya lebih baik jangan dahulu. Harus dipersiapkan protokol kesehatannya seperti apa saat berwisata nanti. Dari pada muncul kluster penularan baru. Lebih baik sama-sama menjaga agar wabah ini tidak semakin meluas,” terangnya.

Hingga saat ini, kawasan wisata Gunung Bromo masih tertutup untuk wisatawan. Baik asing maupun lokal. Penutupan itu, berlaku dari lima pintu masuk. Meliputi pintu masuk Cemoro Lawang Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang. Pihak BB TNBTS, juga masih menunggu keputusan dari pusat. Terkait ijin pembukaan kembali kawasan wisata Gunung Bromo. Yang terkenal dengan eksotika alamnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com