Bripka Suranto Inisiasi Pendirian Home Stay Bukit Menoreh

Home / Berita / Bripka Suranto Inisiasi Pendirian Home Stay Bukit Menoreh
Bripka Suranto Inisiasi Pendirian Home Stay Bukit Menoreh Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Girimulyo Polres Kulon Progo, DIY menginisiasi pendirian home stay. (FOTO: Polres Kulon Progo for TIMES Indonesia)

TIMESJOGJA, YOGYAKARTA – Keberadaan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo DIY tak luput dari perhatian Bripka Suranto, anggota Bhabinkamtibmas Polres Kulon Progo. Sebagai anggota Polri, dirinya merasa terpanggil ikut mendorong masyarakat Bukit Menoreh dapat menfaatkan peluang keberadaan bandara baru tersebut untuk meningkatkan perekonomian seperti mendirikan home stay.

“Jadi, ada warga Bukit Menoreh yang punya rumah namun kurang terawat. Atas ijin pemilik rumah, kemudian rumah tersebut kami renovasi dijadikan home stay berstandar internasional,” terang Bripka Suranto kepada TIMES Indonesia, Selasa (30/6/2020). 

Home-Stay-2.jpg

Gagasan membuat home stay tersebut berawal dari adanya kabar bahwa pemerintah akan membangun akses jalan dari bandara baru Temon menuju Candi Borobudor yang melintasi Bukit Menoreh. Sebagai anggota Polri, ia ingin warga ikut ambil bagian atas keberadaan bandara baru dan jalan raya tersebut untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Kami juga menginisiasi warga untuk memproduksi kopi asli Bukit Menoreh. Kopi ini asli tanaman yang ada di Bukit Menoreh dan rasanya tak kalah dengan kopi-kopi terkenal asal daerah lain,” jelas Suranto.

Tak hanya itu, untuk menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Bukit Menoreh. Suranto mengajak warga setempat kembali melestasikan seni budaya seperti seni angguk, kuda lumping, dan ketoprak.

“Ketika nanti ada wisawatan yang menginap di homes stay atau berkunjung ke Bukit Menoreh, para wisatawan dapat menikmati seni tradisi angguk, kuda lumping, dan ketoprak,” terang Suranto.

Home-Stay-3.jpg

Untuk melengkapi keberadaan wisata Bukit Menoreh, Surat mengajak warga setempat merenovasi dan membangun fasilitas pendukung seperti kamar mandi, tempat wudhu, dan  mushola.

“Dengan adanya home stay, kopi khas Bukit Menoreh, dan makanan lain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Jadi, warga tidak hanya menjadi penonton saja tapi ikut berperan aktif dengan adanya bandara baru tersebut. Semoga peran kami bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Bripkan Suranto.

Selengkapnya kiprah sosok Bripka Suranto, anggota Bhabinkamtibmas Polres Kulon Progo dalam membangun home stay, membangun obyek wisata Bukit Menoreh, dan menyukseskan Ketahanan Pangan dapat disaksikan melalui channel Youtobe TIMES TV Jogja, Instagram @timesyogyakarta dan fanpage @timesjogja. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com