LAPAN Berhasil Menguji Terbang Roket Produksi Anak Bangsa Rhan-450

Home / Berita / LAPAN Berhasil Menguji Terbang Roket Produksi Anak Bangsa Rhan-450
LAPAN Berhasil Menguji Terbang Roket Produksi Anak Bangsa Rhan-450 Roket balistik ground to ground, Rhan-450 yang berhasil diuji terbang LAPAN.(FOTO: lancer cell)

TIMESYOGYAKARTA, JAKARTA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) baru-baru ini berhasil menguji terbang roket balistik produksi anak bangsa, Rhan-450.

Mengutip akun Twitter LAPAN, @LAPAN_RI, Selasa, 15 Januari 2019, roket dengan diameter 450 mm ini berhasil diuji dari stasiun peluncuran roket Balai Uji Tehnologi dan Antariksa dan Atmosfer Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Roket ini merupakan hasil kerjasama Pusat Teknologi Roket LAPAN, Kementerian Pertahanan dan PT. Dahana yang tergabung dalam konsorsium Roket Nasional.

Salah satu program utama tahun 2018 adalah pengujian lanjutan roket ground to ground dengan daya jangkau 100 Km.

Uji coba itu berlangsung Jum'at (28/12/2018) lalu dan pengujian dibuka oleh Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, Dr. Rika Andiarti kemudian dilanjutkan oleh Kabalitbang Kementerian Pertahanan (Kemenhan), dan Dirtekbang PT. Dahana.

Pada tahun 2016 Rhan-450 sudah dilakukan uji terbang dengan hasil yang baik.

Rhan-450 adalah roket balistik dengan konfigurasi panjang total 7,1 meter, diameter 0.45 meter, kecepatan max 4000 Km/jam, massa 1600 Kg, dengan muatan sensor dinamika terbang dan ballast.

Roket ini membawa dua payload yang terdiri dari payload GPS dan payload Radar. Kedua payload ini memiliki misi untuk mengetahui gerakan dan posisi roket selama terbang. Target dari pengembangan Rhan-450 ini adalah bahwa roket terbang dengan baik dan stabil tanpa adanya anomali gerakan yang terjadi pada saat uji statis.

Di samping itu juga diharapkan data sensor gerak roket (akselerometer, gyro dan GPS) yang terdapat pada payload dapat bekerja dengan baik dan dapat ditransfer ke ground station secara utuh dan baik sejak awal peluncuran sampai dengan roket kembali jatuh ke Bumi.

Setelah persiapan dan pembacaan SOP peluncuran roket, pada pukul 09.05 WIB Rhan-450 diterbangkan. Roket meluncur baik menembus awan pantai Pameungpeuk dengan azimuth penembakan 193°. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com