Franciscus Welirang: Impor Beras Membuat Petani Kecewa 

Home / Berita / Franciscus Welirang: Impor Beras Membuat Petani Kecewa 
Franciscus Welirang: Impor Beras Membuat Petani Kecewa  Ketua komite tetap ketahanan pangan KADIN, Franciscus welirang (Foto: edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESYOGYAKARTA, JAKARTA – Ketua Komite Tetap Ketahanan Pangan KADIN, Franciscus Welirang, menjelaskan hasil penelitiannya tentang stagnasi produksi beras dan impor beras di Indonesia selama17 tahun terakhir.

Menurut Franciscus data menunjukkan turunnya angka produksi beras dalam negeri, salah satunya, disebabkan oleh kebiasaan Pemerintah melakukan impor beras. Ini berakibat pada harga beras lokal yang mengecewakan petani.

"Data itu sudah dikaji dan dibandingkan dengan berbagai hasil survei Kementan," kata Franciscus saat mengisi seminar kebangsaan "Paradigma Kesejahteraan Para Petani dalam Pembangunan Pertanian" di School of Business Kwik Kian Gie, Jakarta Utara, Rabu (13/2/2019).

Ke depannya Franciscus menyarankan, pemerintah untuk menahan diri melakukan impor beras lagi, agar kekuatan dan ketahanan pangan di Indonesia bisa kembali menguat.

"Solusinya adalah segera kurangi impor beras, manfaatkan saja hasil jerih payah petani sendiri. Agar mereka lebih termotivasi dan kerja kerasnya dihargai," tandas Franciscus Welirang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com