Driver Ojol Wajib Gunakan Jaket dengan Bahan yang Pantulkan Cahaya

Home / Berita / Driver Ojol Wajib Gunakan Jaket dengan Bahan yang Pantulkan Cahaya
Driver Ojol Wajib Gunakan Jaket dengan Bahan yang Pantulkan Cahaya Manajemen Grab sedang membagikan jaket. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

TIMESYOGYAKARTA, YOGYAKARTA – Aturan baru ojek online (ojol) yaitu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor untuk Kepentingan Masyarakat yang diterbitkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatur penggunaan atribut wajib pengendara ojek online.

Permenhub ojek online juga telah mengatur tata tertib untuk para driver atau pengemudi, termasuk atribut wajib yang harus dikenakan yakni jaket identitas, sepatu, dan celana panjang. Jaket yang dikenakan pun memiliki syarat khusus yakni dengan bahan yang dapat memantulkan cahaya dan disertai dengan tanda identitas.

"Kami pastikan telah memenuhi aspek keamanan dalam berkendara yang telah diatur dalam Permenhub 12/2019 tentang ojek online itu," kata Richard Aditya, Head of GrabBike Indonesia Jumat (16/8/2019).

Richard mengatakan selama bulan ini, mulai 3 Agustus hingga akhir Agustus nanti, pihaknya memang tengah menggencarkan pembagian jaket dengan desain baru untuk drivernya yang mengikuti persyaratan dari Permenhub itu bagi 74.000 mitra pengemudinya di berbagai kota Indonesia. Seperti di Jabodetabek, Medan, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Bali, Semarang, dan Surabaya.

Richard mengatakan, seperti jaket sebelumnya, jaket GrabBike baru, dilengkapi dengan garis reflektif yang lebih besar di bagian punggung dan lengan, yang akan menambah keamanan berkendara.

Garis reflektif ini akan menyala di dalam gelap, dan bersinar jika terkena cahaya. Jaket baru ini dilengkapi bendera Merah Putih sebagai simbol semangat  melayani bangsa Indonesia.

"Jaket dengan desain baru ini untuk memastikan aspek keamanan dalam berkendara yang telah diatur dalam PM 12/2019 tentang ojek online," ujarnya.

Richard menuturkan pihaknya selalu mendorong para mitra pengemudi kami untuk menggunakan atribut lengkap saat bekerja, termasuk helm, jaket resmi, celana panjang dan juga sepatu. Guna meningkatkan keamanan maupun kelancaran berkendara.

"Pembagian jaket baru untuk driver ojek online (ojol) ini sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dan berharap jaket baru ini bisa memberikan semangat juang baru bagi mitra pengemudi untuk melayani dengan lebih baik," ujarnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Tags:

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com