Satria Taman Sari Siap Bersaing dengan Anggur Impor

Home / Ekonomi / Satria Taman Sari Siap Bersaing dengan Anggur Impor
Satria Taman Sari Siap Bersaing dengan Anggur Impor Pengunjung kampung anggur sedang memilih anggur untuk dipetik (Foto: totok hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESYOGYAKARTA, YOGYAKARTA – Varietas anggur Satria Taman Sari, yang dibudidayakan di kampung anggur Plumbungan Sumbermulyo Bambanglipuro kini dapat bersaing di pasar global. Menyusul dikeluarkannya sertifikat oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala Balitbang Kementerian Pertanian RI Hardiyanto kepada Sekertaris Daerah Bantul Helmi Jamharis mewakili Bupati Bantul Suharsono Kamis (16/1/2020) di ruang kerja Bupati. 

Ditemui usai menyerahkan sertifikat Hardiyanto menjelaskan setelah bersertifikat buah maupun benih sudah legal untuk diperjualbelikan. Termasuk ke pasar internasional. Sebab dari segi kualitas sudah sejajar dengan anggur dari negara-negara lain di dunia.

Dengan keluarnya sertifikat ini maka tidak terdapat pihak lain yang dapat mengklaim kepemilikan varietas anggur Satria Taman Sari. "Balitbang sudah mengeluarkan 55 sertifikat untuk buah 8 diantaranya buah anggur," jelas Hardiyanto. 

Sekertaris Daerah Bantul Helmi Jamharis mengaku bangga atas pemberian sertifikat bagi produk.buah asal Bantul. Helmi berharap pemberian sertifikat ini dapat menjadi motivasi bagi desa lain untuk memunculkan produk buah lokal yang bermutu internasional. Sebab Bantul memiliki banyak potensi buah-buahan yang bila dibudidayakan dengan serius dapat menjadi komoditas ekspor.

Terkait dengan pemasaran, Helmi memastikan keberadaan bandara internasional di kulon progo dapat menjadi pintu ekspor bagi Bantul. "Salah satu klausul kerjasama dengan angkasa pura berupa penyediaan buah lokal untuk mengisi kargo yang akan dibawa ke luar negeri," tegas Helmi.

Rio Aditya selaku penggagas berdirinya kampung anggur juga tidak kalah bangga. Upayanya bersama warga dusun Plumbungan mulai menampakan hasilnya. Pemberian sertifikat ini akan menjadi pemacu semangat untuk terus membudidayakan anggur Satria Taman Sari bersama varietas anggur nusantara lainnya.

Terkait dengan kualitas, Rio memastikan Satria Taman Sari tidak kalah dengan anggur impor. "Selain buahnya besar dan manis, daya tahan yang tinggi terhadap cuaca menjadi keunggulan anggur Satria Taman Sari," pungkas Rio. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com