Sawut Makanan Khas Yogyakarta yang Cocok jadi Menu Sarapan

Home / Gaya Hidup / Sawut Makanan Khas Yogyakarta yang Cocok jadi Menu Sarapan
Sawut Makanan Khas Yogyakarta yang Cocok jadi Menu Sarapan sawut makanan khas Yogyakarta yang bikin kenyang (FOTO: tandaseru)

TIMESJOGJA, JAKARTASawut makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari singkong. Dinamakan sawut karena penampilan makanan ini semrawut atau mawut dalam bahasa Jawa, yang artinya berantakan.

Makanan ini punya rasa legit manis sekaligus gurih. Itu karena sawut dimasak bersama gula merah dan diberi parutan kelapa muda sebagai topingnya.

Cara membuat sawut juga sangat mudah. Singkong diparut menggunakan  parutan kasar (hasil memajang mirip korek api). Bubuhkan bumbu dasar garam, vanili dan gula merah. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Agar wangi, dapat ditambahkan daun pandan saat mengukus. 

Sembari menunggu sawut matang, siapkan parutan kelapa muda. Kelapa muda yang telah diparut dapat diberi sedikit garaaram agar lebih gurih. 

Setelah sawut matang dapat langsung disajikan. Jangan lupa topping parutan kelapanya ya, agar makanan khas Yogyakarta ini makin mantap.

Karena terbuat dari bahan singkong, sawut makanan khas Yogyakarta sangat mengenyangkan. Tak heran jika banyak orang menjadikan sawut sebagai menu sarapan sehari-hari. Bahkan zaman dulu, orang membawa sawut sebagai bekal ke ladang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com