Sering Diabaikan, Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Masalah Kesehatan Usus

Home / Gaya Hidup / Sering Diabaikan, Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Masalah Kesehatan Usus
Sering Diabaikan, Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Masalah Kesehatan Usus ILUSTRASI - Makan terlalu banyak. (FOTO: AS photo studio /Shuterstock)

TIMESYOGYAKARTA, JAKARTA – Menjaga kesehatan usus tak kalah pentingnya seperti menjaga organ tubuh lainnya. Tak hanya dalam hal memilih makanan yang tepat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperhatikan berbagai hal ini demi menjaga kesehatan usus.

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya kita perhatikan untuk menjaga kesehatan usus, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Mengonsumsi makanan asam

Tak hanya beberapa jenis sayur atau buah-buahan bersifat asam, minuman dan makanan yang bisa memicu kenaikan asam lambung layaknya kopi, produk susu, gorengan, daging merah, dan minuman beralkohol sebaiknya mulai diperhatikan konsumsinya demi mencegah masalah pada usus. Hal ini disebabkan oleh sifat asam yang juga bisa membebani usus dan akhirnya menurunkan kinerjanya.

2. Sembarangan minum obat

Tak hanya hati dan ginjal yang akan terbebani jika kita sembarangan minum obat, usus juga akan mengalami gangguan fungsi jika kita sembarangan mengonsumsinya. Hal ini berarti, sebaiknya kita tidak asal membeli atau minum obat yang dibeli di warung. Apalagi jika sampai meminumnya tidak sesuai dengan aturan minum.

3. Kebiasaan mengonsumsi permen karet

Permen karet sering dikonsumsi sebagai penghilang stres atau cara untuk mendapatkan ide-ide baru. Meskipun sangat mengasyikkan untuk dikonsumsi, pakar kesehatan menyebut permen karet bisa menyebabkan gangguan usus. Hal ini disebabkan oleh produksi gas yang lebih banyak di dalam perut yang akhirnya membebani saluran pencernaan, termasuk bagian usus.

4. Kebiasaan menahan buang air

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan menahan buang air bisa menurunkan kesehatan usus dan gangguan pencernaan secara keseluruhan. Menahan keinginan buang air besar akan meningkatkan risiko sembelit. Padahal, hal ini akan membuat kotoran semakin menumpuk di dalam usus dan akhirnya memberikan tekanan lebih banyak pada organ ini. Selain itu, risiko untuk terkena radang usus buntu dan masalah pencernaan kronis lainnya juga akan meningkat.

5. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol telah terbukti bisa menyebabkan datangnya berbagai masalah kesehatan, termasuk pada organ pencernaan seperti usus. Terlalu sering mengonsumsinya juga terbukti mampu bisa menyebabkan datangnya berbagai macam kanker dan masalah kesehatan lainnya.

6. Makan terlalu banyak

Untuk menjaga kesehatan usus, sebaiknya jangan makan terlalu banyak. Meski makanan yang kita konsumsi memiliki rasa yang sangat nikmat, bukan berarti kita bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Hal ini bisa menyebabkan kekenyangan yang membuat sensasi tidak nyaman pada perut hingga membuat usus mendapatkan tekanan yang berlebihan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com