Persalinan Normal Minim Rasa Sakit dengan Metode Bradley

Home / Gaya Hidup / Persalinan Normal Minim Rasa Sakit dengan Metode Bradley
Persalinan Normal Minim Rasa Sakit dengan Metode Bradley ILUSTRASI. (FOTO: RuangMom)

TIMESYOGYAKARTA, JAKARTA – Rasa sakit saat proses persalinan normal membuat ibu hamil sedikit resah. Namun, dengan berbagai perkembangan di dunia kedokteran kini Anda bisa melakukan persalinan normal minim rasa sakit. Caranya dengan melakukan metode Bradley. Metode ini dipercaya mampu membuat proses melahirkan menjadi lebih mudah dan minim rasa sakit.

Metode Bradley diperkenalkan oleh dokter Robert Bradley pada tahun 1947. Metode persalinan ini lahir untuk menepis anggapan bahwa persalinan secara alami menyeramkan dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Sebelum melahirkan dengan metode Bradley, ibu hamil dan suami perlu mengikuti kelas prapersalinan yang tersedia di rumah sakit. Kelas prapersalinan untuk metode Bradley umumnya dimulai saat kehamilan menginjak usia 5 bulan atau setidaknya selama 12 minggu sebelum persalinan.

Dengan menggunakan metode ini, diyakini bahwa persalinan bisa terjadi secara alami dan sebenarnya tidak membutuhkan obat-obatan antinyeri. Campur tangan medis dan obat-obatan, seperti operasi caesar atau episiotomi, hanya diperlukan pada kondisi tertentu atau situasi yang gawat.

Karena persalinan dengan metode Bradley menerapkan konsep alami, maka Bumil dan suami disarankan untuk mengikut kelas prapersalinan. Kelas prapersalinan dibutuhkan agar ibu hamil memiliki kesehatan fisik dan mental yang prima, sehingga persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Ibu hamil juga disarankan untuk melahirkan di rumah sakit yang memang menyediakan fasilitas persalinan dengan metode Bradley ini, atau di rumah sakit yang biasa ibu hamil kunjungi selama pemeriksaan rutin kehamilan. Hal ini agar ibu hamil merasa lebih tenang dan nyaman saat melakukan persalinan normal. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com