Pilihan Makanan Sehat saat Terserang Flu

Home / Gaya Hidup / Pilihan Makanan Sehat saat Terserang Flu
Pilihan Makanan Sehat saat Terserang Flu Ilustrasi Flu. (FOTO: grid.id)

TIMESYOGYAKARTA, JAKARTA – Saat terserang flu seringkali kita mengalami gejala kurang nafsu makan.  Namun jangan biarkan hal ini berlarut-larut. Justru di saat ini lah peranan makanan sangat penting untuk membantu kesembuhan. Tak hanya menjadi sumber energi,  makanan sehat yang tepat dapat membantu tubuh melawan gejala penyakit dan mempercepat proses penyembuhan. 

Berikut adalah rekomendasi makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi bila kita terserang flu.

1. Kaldu

Entah terbuat dari ayam, sapi, atau sayuran, kaldu merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi ketika flu. Selain rasanya enak, kaldu mengandung kalori, vitamin, dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat, dan fosforus.

Karena bentuknya yang cair, kaldu dapat mencegah dehidrasi dan suhunya yang hangat dapat meringankan rasa nyeri di tenggorokan dan napas yang terasa mampat. Kaldu menjadi salah satu pilihan terbaik ketika perut terasa tidak enak atau kamu merasa kurang enak menyantap makanan padat.

2. Sup ayam

Kita bisa menyantap sup ayam selama terkena flu atau demam untuk menjaga asupan nutrisi. Sup ayam bisa mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang ketika kita buang air kecil atau berkeringat. 

Sebuah riset juga mengungkap bahwa sup ayam lebih efektif dalam mencairkan ingus di hidung dibanding cairan lainnya karena temperaturnya yang hangat melegakan pernapasan serta menghangatkan tubuh. Namun sekali lagi, perhatikan kadar garamnya juga.


3. Teh hangat

Sama seperti sup ayam, teh hangat juga bermanfaat sebagai dekongestan alami yang mampu meringankan kongesti nasal atau hidung tersumbat akibat lendir.

Teh juga mengandung polifenol, senyawa alami dalam tumbuhan yang punya banyak manfaat kesehatan dari mulai antioksidan, anti peradangan, hingga anti kanker. Salah satu polifenol yang terdapat dalam teh adalah tannin yang tak hanya berkhasiat sebagai antioksidan tapi juga memiliki manfaat anti virus, anti bakteri, dan anti jamur. 

4. Bawang putih

Tak hanya mempersedap masakan, bawang putih juga telah dimanfaatkan sebagai obat alternatif sejak lama. Suplemen bawang putih dapat memperkuat daya tahan tubuh dan meringankan gejala flu dengan cepat. 

Tak harus dalam bentuk suplemen, dalam bentuk mentah pun bawang putih pun tak kalah bermanfaat. Karena sifatnya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, mengonsumsi bawang putih bisa menjadi salah satu cara melawan flu ketika gejalanya muncul.

5. Yogurt

Selain mendinginkan kerongkongan yang terasa nyeri ketika flu, kandungan bakteri baik dalam yogurt juga dapat memperkokoh sistem imunitas tubuh. Yogurt menyediakan sekitar 150 kalori dan 8 gram protein per gelas selain juga kaya akan kalsium, vitamin, dan mineral. 

Probiotik dalam yogurt dapat membantu baik anak kecil maupun orang dewasa menjadi tidak mudah terserang flu dan sembuh lebih cepat saat sakit.

6. Buah bervitamin C

Vitamin C telah dikenal sebagai nutrisi penting yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang sangat dibutuhkan ketika kita sakit. Walaupun sudah banyak diproduksi dalam bentuk suplemen, namun vitamin C yang berasal dari makanan segar yang kita santap punya khasiat yang lebih alami dan aman. Beberapa buah yang tinggi akan vitamin C adalah stroberi, tomat, dan tentu saja, jeruk.

7. Sayuran sehat

Bayam, kangkung, hingga kol daun (kale) dapat memperkuat kekebalan saat kamu terserang flu karena kandungan vitamin, mineral, dan serat di dalamnya. 

Sayuran hijau juga telah diteliti memiliki khasiat antibakteri dan antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan dan melawan peradangan.

8. Oatmeal

Semangkuk oatmeal panas adalah pilihan comfort mood yang tepat ketika sedang sakit. Oatmeal, seperti biji-bijian lainnya adalah sumber alami dari vitamin E yang mampu memperkuat imunitas. Oatmeal juga mengandung antioksidan polifenol serta serat beta-glukan yang memperkuat kekebalan tubuh. 

Riset menunjukkan beta-glukan dapat meredakan peradangan dalam sistem pencernaan dan meringankan gejala seperti diare, kram perut, dan perut kembung. Meski termasuk makanan sehat untuk flu, sebaiknya hindari oatmeal olahan pabrik dengan tambahan gula yang berlebih dan ganti dengan sedikit madu atau buah untuk tambahan manfaat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com