Penanaman Karakter bagi Mahasiswa Lewat Kegiatan Bersih Pantai

Home / Pendidikan / Penanaman Karakter bagi Mahasiswa Lewat Kegiatan Bersih Pantai
Penanaman Karakter bagi Mahasiswa Lewat Kegiatan Bersih Pantai Mahasiswa tengah mengikuti pengarahan sebelum melakukan bersih pantai. (foto: totok hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESYOGYAKARTA, YOGYAKARTA – Sekitar 500 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta, mengikuti kegiatan bersih sampah di pantai Depok Parangtritis Kretek Bantul Minggu (15/12/2019).

Setelah mendapat pengarahan, sejak pukul 5 pagi, mahasiswa yang terbagi dalam 11 kelompok melakukan penyisiran sampah di sepanjang pantai. Hingga pukul 7 pagi , sampah dalam puluhan kantong plastik besar sudah terkumpul.

Koordinator tim mata kuliah seni menjual Weni Welsa menjelaskan peserta adalah mahasiswa semester lima. Sebelum mereka lulus dan mengabdikan diri ke masyarakat, kampus ingin menanamkan karakter melalui kegiatan ini.

Weni memastikan terdapat 3 karakter baik yang dapat ditanamkan lewat kegiatan bersih pantai, masing-masing peduli lingkungan, kerjasama dan disiplin. Kegiatan ini juga berpengaruh terhadap penilaian.

"Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini akan mendapat tambahan nilai," terang Weni.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo Kwintarto mengakui sampah masih menjadi kendala bagi pengelolaan obyek wisata pantai. Terutama saat awal musim hujan, dengan terdapatnya kiriman sampah dari sungai. Untuk membersihkan sampah kiriman ini petugas dibantu warga sekitar membutuhkan waktu hingga 6 hari.

Kondisi ini tentu mengganggu program Bupati Bantul Suharsono yang menetapkan sektor wisata sebagai program unggulan. "Bicara soal wisata tidak dapat dilepaskan dari pantai sebagai obyek wisata unggulan," jelasnya.

Kwintarto yang turut hadir pada kegiatan bersih sampah ini, memberikan apresiasi kepada mahasiswa Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa yang peduli terhadap kebersihan pantai.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com