Mahasiswa Menjerit Mencari Nadiem Makarim di Sosial Media

Home / Pendidikan / Mahasiswa Menjerit Mencari Nadiem Makarim di Sosial Media
Mahasiswa Menjerit Mencari Nadiem Makarim di Sosial Media Mendikbud RI, Nadiem Makarim. (Foto: dok. TIMES Indonesia)

TIMESJOGJA, JAKARTA – Sosial media riuh oleh ‘jeritan’ mahasiswa yang mencari keberadaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim terkait tidak adanya kebijakan diringankannya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di masa pandemi Covid-19 ini.

Di ranah twitter, tagar #NadiemManaMahasiswaMerana tengah menjadi topic pembicaraan banyak orang. Setidaknya hingga pukul 11.00 WIB pada Rabu siang  (3/6/2020) ada 17 ribu tweet yang menyertakan hal tersebut.

Mahasiswa beralasan bahwa keringanan UKT adalah hal yang sangat mendesak untuk dilakukan. Hal tersebut tidak lepas dari kondisi ekonomi orang tua mahasiswa yang mayoritas terdampak saat merebaknya Covid-19 di Indonesia.

Di lain sisi, mahasiswa merasa tidak menggunakan fasilitas kampus. Mengingat mereka melakukan kegiatan belajar secara daring. Kegiatan belajar jarak jauh tersebut juga disinyalir membuat kebutuhan mereka bertambah, karena harus menggunakan kuota internet agar bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Seperti yang diungkapkan oleh akun @vietnamdrp “Fasilitas kampus tidak dipergunakan.subsidi kuota ga pernah dikasih tapi kuliah daring tetap jalan,sampai ukt pun harus tetap dibayarkan tanpa kelonggaran.Praktek tetap dilanjutkan tapi fasilitas tidak disediakan.dimana letak keadilan? #NadiemManaMahasiswaMerana  ” tulisnya.

Kendati di beberapa kampus sudah menerapkan subsidi kuota, namun ternyata hal itu masih teralu berat. Seperti yang diutarakan oleh akun @khafizah11. “Yth. Bapak Menteri Pendidikan tolong dengarkan orang tua kami yang akan kami wakilan sebagai seoarang mahasiswa/i, terkait masalah UKT yang hanya dapat pengurangan untuk subsidi kuota dan itu belum seberapa dari pengeluaran yang hrs kami byr kekampus #NadiemManaMahasiswaMerana  ” tulisnya.

Selain mengkritisi kebijakan, ada juga yang memberikan solusi sebaiknya pihak kampus menunda pembayaran UKT seperti yang disampaikan oleh @ehhkurniawan.
Jika UKT tidak bisa dikembalikan. Setidaknya tunda pembayaran semester ganjil ditengah pandemi #NadiemManaMahasiswaMerana.

Sejak Selasa,  Nadiem Makarim memang menjadi trending topik. Kebijakannya terkait pendidikan tinggi banyak ditunggu terutama kalangan mahasiswa.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com