Disponsori PT BSI, Even Surfing Internasional Kembali Hadir di Pantai Pulau Merah

Home / Wisata / Disponsori PT BSI, Even Surfing Internasional Kembali Hadir di Pantai Pulau Merah
Disponsori PT BSI, Even Surfing Internasional Kembali Hadir di Pantai Pulau Merah Peserta Gandrung Surf Competition Pulau Merah 2019 sedang unjuk kebolehan. (FOTO: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESYOGYAKARTA, BANYUWANGI – Setelah sempat vakum beberapa tahun, even surfing internasional kembali digelar di pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Berbeda dengan sebelumnya, perlombaan selancar kelas dunia ini bertajuk Gandrung Surf Competition Pulau Merah.

"Acara ini akan berlangsung selama dua hari, tanggal 6-7 Juli 2019," kata Ketua Panitia, Suyitno, Sabtu (6/7/2019).

Dijelaskan, kompetisi surfing kali ini digeber langsung oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Merah. Disponsori oleh perusahaan tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Even ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah Banyuwangi, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan dan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI).

Meski even perdana, acara ini dipastikan diikuti 80 orang atlit surfing dalam dan luar negeri. Diantaranya peselancar asal Banyuwangi, Yogyakarta, Pacitan, Pangandaran dan Lombok. Sedang pesurfing asing didominasi dari Jepang, Korea, Australia, Republik Ceko dan Canada.

"Tema yang kita angkat Banyuwangi Open," cetus Suyitno.

Pria yang juga pembina dan pelatih atlit surfing Pulau Merah serta Jawa Timur, tersebut juga menyampaikan bahwa akan ada 5 kategori yang diperlombakan. Yakni kelas Open, Under 16, Under 12, Woman dan Long Board.

Melalui teleconference, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, juga menyambut baik even Gandrung Surf Competition Pulau Merah. Menururnya, dengan tingginya peran serta masyarakat dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata akan berimbas semakin tumbuhnya ekonomi mikro.

Peserta-Gandrung-Surf-Competition-Pulau1c190c79b625b3ebe.jpgSuasana pantai Pulau Merah, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (FOTO: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

"Yang pasti pantai Pulau Merah juga akan semakin bersih dan itu akan mampu menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung," katanya.

Kepala Desa Sumberagung, Vivin Agustin menambahkan, dia berharap lomba surfing tingkat dunia kali ini bisa mendongkrak tingkat kunjungan pariwisata di pantai Pulau Merah. Tak lupa, Vivin juga berterima kasih pada PT BSI yang telah banyak berperan serta dalam kegiatan dan pembangunan diwilayah setempat.

Sementara itu, Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono, mengaku senang bisa menjadi bagian dari Gandrung Surf Competition 2019.

"Apabila jumlah wisatawan meningkat, hal ini akan menguntungkan masyarakat wisata Pulau Merah. Makanya kami dukung acara ini," tegasnya.

Disebutkan, PT BSI melihat destinasi pantai Pulau Merah sebagai aset penting untuk dilestarikan karena dapat menunjang perekonomian masyarakat secara luas. Maka tak heran, pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan potensi area wisata ini.

Selain dukungan terhadap even yang bersifat monumental, perusahaan tambang emas terbesar kedua di Indonesia ini juga secara rutin membantu aktifitas kebersihan pantai.

"Kami juga menyediakan petugas kebersihan di sini (pantai Pulau Merah)," imbuh Sudarmono.

PT BSI, masih Sudarmono, akan terus fokus melestarikan potensi parawisata pantai Pulau Merah. Bukan hanya sebagai komitmen sosial, tapi juga bukti niatan menjadi keluarga serta tetangga baik bagi masyarakat Desa Sumberagung. Dan wujud upaya mensejahterakan masyarakat sekitar area operasional perusahaan. 

Untuk diketahui, pembukaan Gandrung Surf Competition Pulau Merah, dihadiri jajaran Forpimka Kecamatan Pesanggaran, perwakilan Pemerintah Daerah, termasuk Kades Sumberagung, Vivin Agustin beserta jajaran. ADM Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Nur Budi Susatyo bersama rombongan, pengurus Pokdarwis Pulau Merah serta ribuan masyarakat dan wisatawan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com